Senin, 22 Agustus 2011

Lebih Dari Sekedar Lawatan


Sebentar lagi kita akan merayakan Natal, kita akan didatangi Sang Bayi yang menyelamatkan manusia. Kata Adventus adalah kata bahasa latin. Kata itu adalah gabungan dari kata ad (pada atau kepada) dan venire (datang). Jadi secara harafiah, kata Adven berarti datang kepada. Siapa datang kepada siapa ? Siapa melawat siapa ? Pertama, Tuhan datang kepad...a kita, manusia. Tuhan yang selalu mulai berinisitif mengunjungi, melawat umat Nya. Tuhan datang kepada kita milik kepunyaan Nya. Tuhan yang maha mulia, maha kudus, maha akbar, sudi mengunjungi kita. Dia tidak hanya sekedar lewat, tetapi melawat. Dia juga tidak hanya sekedar melawat, tetapi lebih dari itu. Ia sendiri mau tinggal bersama dan menyertai kita. Tempat tinggal yang paling layak bagi Tuhan adalah hati kita yang suci.
Yesus melawat kita dengan tujuan khusus. Ia datang untuk menyelamatkan kita dari maut dan dosa. Tetapi kedatangan Nya tidak disambut baik oleh manusia. Yohanes Penginjil menulis bahwa Yesus “datang kepada milik Nya, namun bangsa milik Nya tidak menerima Dia.” Saat ini Tuhan sedang melawat kita dan ingin tinggal bersama kita. Apakah kita mau menerima Dia?
Kedua, kita datang kepada Tuhan, artinya kita harus membuka hati untuk menerima Dia. Kedatangan kita kepada Tuhan tidk boleh terjadi hanya pada saat kita membutuhkan dan meminta sesuatu kepada Nya. Setiap saat kita harus selalu hadir pada Nya. Kita terus menerus membuka hati dan mengijinkan Tuhan berkarya dalam diri dan seluruh hidup kita. Kedatangan kita kepada Tuhan ditunjukkan juga dengan kemauan untuk melaksanakan ajaran-ajaran Nya. Kita datang kepada Tuhan, karena Dia lah harapan kita. Dia lah andalan kita. Hanya pada Nya lah keselamatan dan kebahagiaan kita.
Apakah saya ada, hadir ketika Tuhan melawat? Apakah saya siap menyambut ;awatan Nya? Apakah saya selalu datng kepada Tuhan dan siap merindukan persatuan dengan Dia ? Atau saya suka datang kepada allah-allah lain yang tidak mampu menyelamatkan ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar